Selasa, 20 Mei 2014

KURSI KOSONG (BAB 2)

BAB 2. HILANG ARAH DAN TUJUAN
              
Pergi dari keramaian lalu mencari tempat sunyi, bab ini gua tulis berdasarkan kisah gua setelah ngalamin yang namanya ditolak sama gebetan (Olivia). Ditolak memang hal wajar bagi sebagian orang, tapi berbeda sama gua. Gua ngerasa hidup gua ancur, gua aja sampe lupa arah dan tujuan hidup gua.

Untuk pertama kalinya gua depresi... dan disaat gua depresi mereka datang, segerombolan anak muda dengan gaya bagai boyband datang. Jhon, Bagir, Henky, Budi, Yulius dan Sena, adalah anggota geng yang awalnya gua kira anggota boyband, tapi ternyata mereka bukan boyband.

Saat itu gua masih bimbang, gua gak bisa lagi bedain hal baik dengan hal yang buruk, Jhon datang dengan membawa nama kebaikan didepan gua, gua percaya sama dia. Jhon selalu nolong gua disaat gua lagi dalam kesulitan, dia juga pernah berkata ke gua.

bapak gua pernah ngajarin gua, kalo kita dipukul, kita harus balas pukul !!!” kata jhon sambil memasang wajah penuh semangat.

iya gua ngerti, kalo gua mah dipukul cuma bisa diem” gua jawab dengan kalimat polos

bego... kalo dipukul bales pukul lah, jangan jadi cepu !!!” jawab jhon sambil pasang muka kesel

Dan kalimat itu yang membawa perubahan dalam diri gua, bisa dibilang perubahan dalam diri gua terjadi secara cepat. Tanpa sadar gua udah berubah, tapi perubahan itu justru membuat hidup gua makin ancur (udah ancur makin ancur), orang-orang terdekat gua lama-lama menjauh dari gua, mulai dari temen, tetangga sampe sahabat gua.

Waktu itu gua gak peduli dengan semua hal itu, karena menurut gua “ini hidup gua, bukan hidup lu... yang ngejalanin gua bukan lu”, dan gua mulai memberanikan diri gua yang penakut ini untuk cabut pelajaran, awalnya gua ngerasa takut kaya orang abis ketahuan nyolong jemuran, tapi pas gua coba untuk cabut pelajaran gua ngerasa sebagai orang yang terbebas dari penjara yang disebut sama anak-anak jaman sekarang sebagai “sekolah”, ada sensasi tersendiri saat gua cabut pelajaran, bahagia, senang, dan yang paling penting gak ada yang ngatur-ngatur gua. Ada enak, ada juga gak enaknya ibaratnya upil, pas bagian mengambil upil rasanya enak geli-geli gimana gitu, tapi pas udah keluar baru kerasa gak enaknya.

Matahari dateng, artinya udah pagi, yang bilang masih malem orang bego. Pagi itu gua ngejalanin hari-hari gua seperti biasa, paginya gua siap-siap ke  sekolah dan pukul 6.30 gua berangkat ke sekolah, dan  Jam 10 waktunya istirahat gua pergi ke kantin sama anak-anak boyband, Jhon, Henky, Bagir, Budi, Sena, dan Yulius. Dikantin gua gak ngapa-ngapain cuma makan lalu minum dan gua ngomong ke Jhon.

Jhon gua ke kelas duluan, woi gua duluan ya” kata gua sambil pasang muka sedikit serius.

Dwi mau ngapain lu, gak cabut pelajaran lagi?” sambut jhon sambil teriak kaya kenek angkot.

Gua gak jawab pertanyaan Jhon, bukan karena gua bisu tapi karena gua udah males ngeladenin dia. Pergi dari kantin gua langsung menuju kelas gua. Dan gua duduk dibangku gua, dan kebetulan di samping gua ada yang duduk yaitu Nurwahyudi, dia biasa dipanggil Noer di kelas. Gua kenal dia dari kelas 10, gua juga tau sifat buruk yang ada didalam diri dia, dia pada dasarnya orang baik sama seperti gua, bedanya kalo dia udah terlalu jauh terjerumus oleh temen-temennya. Di kelas mungkin satu-satunya kursi yang selalu kosong adalah kursi si Noer, gua ngerasa kesepian di kelas duduk sendiri. Pada suatu hari si Noer masuk sekolah lagi, dan gua ngomong ke dia.

Nur, besok lu cabut lagi?” kata gua sambil bisik-bisik kaya maling.

cabut terus... emang napa wi?” dengan semangat dia jawab sambil senyum asem.

gua ikut dong bsk, emang cabut kemana?” sambut gua sambil pasang muka melas

hahahaha Dwi cabut... gua cabut ke asri wi” jawab Noer sambil tertawa lebar selebar perut dia.

ohhhhh asri.... “ sambut gua.

kanapa? Kanapa?” tanya Noer sambil pasang muka heboh

asri itu apa?” tanya gua

bego... gua kira lu tau, asri itu warnet. Yaudah bsk gua tunggu di depan patung kuda” jawab Noer.

 Keesokan harinya gua cabut sekolah sama Noer dan Marcelino, oh iya Marcelino itu temen satu perjuangan gua saat di kelas 10 sama kaya Reinhard. Marcel itu pribadi yang baik dan gua udah kenal sama dia dari kelas 10. Ohiya keesokan harinya gua, Noer dan Marcel cabut sekolah, kita ketemuan di Patung Kuda deket daerah yang sering di sebut auri. Saat gua dan marcel sampe di patung kuda Noer menyambut gua dengan kata-katanya yang sedikit nyindir gua.


(saat cabut sekolah)

wih... dwi cabut?” dengan gaya senga, sambil menghembuskan asap rokok ke udara dia bilang kaya gitu ke gua.

Dalam hati gua mau jawab, “emang lu pikir gua apa? Anak manja yang masih nete sama nyokap, gua ini udah gak nete, jangan-jangan dia mikir kalo gua masih pake popok bayi

hahahahahahahahahahahahahahahahahah iya” gua ketawa panjang lebar kaya perutnya Noer yang lebar kaya papan penggilesan.

Saat itu gua, Marcel dan Noer melanjutkan perjalanan ke warnet asri, ketika sampai disana gua harus nunggu selama 1 jam (nunggu warnetnya buka), hingga akhirnya pintu warnet itu terbuka, dimata gua tiba-tiba pintu itu berubah seperti pintu surga yang baru terbuka lebar.

Saat pertama menginjakan kaki gua ke situ, gua langsung membayar dan menyalahkan komputer, dan ketika komputernya nyalah gua membuka twitter, gua bikin twit “aduh ban bocor lagi” itu cara gua untuk ngeles kalo ditanya kenapa gua gak masuk sekolah. Internet disitu aneh, internetnya lelet kaya siput lagi ngebut. Tapi saat maen game malah gak ngelag....

wi, internetnya kalo dipake buat browsing, facebook, sama twitter emang lelet, tapi kalo buat game mah lancar” dengan muka bego yang seperti orang yang genius dia berkata seperti itu.

hahahahhahahahhahahahhahahahaha iya tau” kalo jawab terlalu singkat gak enak ntar dikira gua gak respon sama apa yang dibicarakan, jadi sebelum gua jawab, gua ketawa kejer dulu

Tanpa sadar hampir 7 jam gua diwarnet itu, dan sebelum pulang Marcelino mulai beraksi, dia mengganti semua wallpaper komputer dengan foto Noer yang sedang berfoto ria di tengah laut.


(ini foto Nur Wahyudi saat narsir dia tengah laut)


eh dek, mau liat orang ini langsung gak?” kata marcel sambil nunjuk foto Noer yang di komputer.

wkwkwkwkwkwkwkwkwkk” semua yang di warnet ketawa tebahak-bahak kaya lagi kena penyakit ayan,
Dan saat itu Noer pulang, mungkin dia mau ngadu ke Mami kalo dia dijailin diwarnet. Gua juga pulang, tapi sebelum pulang gua nganter Marcel pulang dulu.

Dan ketika gua sampe di rumah gua mengucap salam lalu masuk ke rumah, dan gua melihat ibu gua lagi motong cabe, saat itu gua ngeliat Ibu gua, jujur gua takut hingga gua berfikir. Jika ibu gua tau kalo gua cabut sekolah mungkin saat itu dia tidak akan memotong cabe, tapi dia kan memotong-motong gua bagaikan cabe yang lagi dipotong.

Karena rasa takut itu, gua berjanji sama diri gua, “gua gak akan pernah cabut sekolah lagi”. Keesokan harinya memang gua gak cabut sekolah lagi, tapi gua masih cabut pelajaran, setiap ada pelajaran yang gak gua suka, gua akan pergi bersama Jhon, Bagir, Henky, Budi, Yulius dan Sena ke kantin atau ngumpet di kelas yang kosong. Awalnya semua baik-baik aja hingga ada kejadian yang membuat diri gua sadar.

Siang itu hari senin sekitar jam 12, ada pelajaran matematika, gua bisa dibilang benci sama pelajaran itung-itungan karena gua bukan orang yang suka perhitungan, gua, Jhon, Bagir, Henky, dan Budi memutuskan untuk cabut pelajaran, saat itu gua ngumpet di kelas 11 AP 1, yang kebetulan orang-orang yang dikelas itu lagi pada PKL. Gua disana mendengarkan lagu, gua sungguh menikmati lagu itu (lagu JKT48), hingga pintu terbuka dengan paksa “gubrakkkkk !!!” lalu masuk lah sosok guru yang gua kagumin (Mr Herman), dia memegang sapu dan dia mulai memukul orang-orang yang ada di ruangan itu, tapi dari semua murid yang cabut pelajaran cuma gua yang paling di kasarin dan dipukul paling banyak. Gua diseret ke kelas kaya narapidana yang baru ketangkep sama polisi, lalu dia berkata ke gua dengan tatapan yang sangat menyeramkan, itu pertama kalinya gua ngeliat dia memasang ekspresi muka dengan penuh rasa marah.

saya kecewa dengan mu RDP !!!” dengan muka serius dia berkata seperti itu sambil narik-narik rambut gua.

iya maap pak, saya gak ngulangin lagi” dengan muka melas gua memohon-mohon.

Saat itu gua di hukum sendiri didepan kelas, sedangkan temen-temen gua yang cabut pelajaran bareng gua udah boleh duduk ke kursinya masing-masing.

kita buat perjanjian, biar yang lain menjadi saksi, jika RDP cabut pelajaran lagi, saya akan nampar pipi dia sempe 100 kali, lalu saya akan permalukan dia ditengah lapangan” dengan suara lantang Mr Herman perkata seperti itu.

Lalu gua dipersilakan untuk duduk di kursi gua, tapi ketika gua duduk gua mendengar banyak suara bisikan yang mengomongin gua “lagian banyak gaya!!”, “yaelah cabut pelajaran emang keren?”, “mau dibilang jagoan”, dan saat itu juga gua mulai menjauh dari Jhon, gua ngerasa kalo diri gua udah terlalu ancur, sampe gua membuat guru yang selama ini baik sama gua jadi marah sama gua, hari-hari kedepannya gua Cuma bisa diem dikelas, gua gak bergaul sama siapa-siapa lagi dikelas.

Ketika itu gua sungguh ngerasa kalo gua ini gak berguna, dan saat gua butuh orang untuk membantu gua untuk keluar dari keterpurukan itu, Reinhard dateng, temen yang selama ini gua tinggalin karena gua ngerasa kalo gua gak pantes untuk gaul bareng dia. Pertemuan dengan dia memang singkat, namun dalam waktu yang singkat itu gua banyak belajar dari kata-kata dia.

“lu ini masih niru-niru orang, lu jangan gini terus, emang lu pikir kalo lu gini Olivia bisa suka sama lu?” dengan muka yang serius dia berkata seperti itu ke gua.

trus harus gimana? Enggak hard” jawab gua dengan serius.

lu harus jadi diri lu sendiri, coba liat penampilan lu sekarang, model rambut lu juga. lu ini masih niru orang” makin lama pembicaraan makin serius.

Emang kenapa niru orang?” jawab gua dengan muka heran

jujur gua lebih suka Rizky Dwi yang dulu, Rizky Dwi yang cupu, polos, dan penampilannya apa adanya, beda sama yang sekarang” Reinhard membuang muka dan berkata seperti itu.

hening” saat itu gua cuma bisa terdiam.

Dan akhirnya gua memutuskan untuk menjadi Rizky Dwi yang dulu, mungkin gua saat itu memang salah, gua harus bisa keluar dari lubang ini sebelum terlalu dalam gua masuk lubang itu. selama ini gua salah, gua berfikir mungkin dengan gua menjadi anak nakal (bad boy) gua bisa bikin Olivia jadi suka sama gua, tapi kenyataannya justru malah sebaliknya, dia malah menjauh dari gua. Hingga gua tersadar kembali bahwa kita gak perlu jadi orang lain untuk membuat orang yang kita sayang jadi sayang sama kita.

Abis kejadian itu gua jadi teringat sama kata-kata Mario Toguh Cowok sejati itu kalau e'e ceboknya pakai kaki !!!


7 komentar:

  1. emg kalo di keluarin upil rasanya apa?

    BalasHapus
  2. Keren Nih P :v
    Kalau Ada Lanjutannya Chat Gua Ya :v a

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya dik, tar gua chat kalo lanjutannya udah jadi

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa? sorry tadi komennya ke apus... bisa di ulang

      Hapus
  4. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this
    website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz respond as I'm looking to design my own blog and would
    like to find out where u got this from. kudos

    My page: m88

    BalasHapus